Candi Pangkuan, Dihuni Banyak Monyet

CANDI PANGKUAN CILIBUR (8)

Bumiayu – Candi Pangkuan atau dulu kala orang menyebutnya dengan kata Alas Tua (hutan yang sudah sangat tua). Dikatakan demikian karena memang terdapat banyak sekali pohon yang berumur ratusan tahun dan berdiameter besar.

Terletak di dataran tinggi sekitar 700m dpa di sebuah dukuh Karanggandul, Keluarahan Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Atau sebelah timur kota Bumiayu.

Bisa di tempuh dengan jalan darat menggunakan sepeda motor atau mobil. Sekitar 10 kilometer atau satu jam dari pusat kota Bumiayu. Sedangkan angkutan umum yang tersedia ada angkudes dan ojek.

Candi Pangkuan dengan luas keseluruhan 4 hektar, terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar saat ini jadikan tempat pemakaman umun oleh warga sekitar.

Sedangkan bagian dalam adalah komplek utama yang disebut alas tua. Di dalamnya terdapat berbagai macam tumbuhan hayati, ada juga beberapa serpihan situs peninggalan zaman dulu, yang masih tersisa adalah batu lonjong tingginya sekitar 50 cm dulu diyakini sebagai tempat pemujaan atau bertapa.

Ada pula makan-makam tua, banyak yang menyebutkan bahwa diantaranya adalah makan dari Kyai Wisnu, Kencana Wungu, dan Nyi Rantan Sari. Dimana ketiganya menurut legenda adalah orang-orang yang pertama kali menempati daerah Brebes bagian selatan ini dan mereka menamakannya Bumiayu.

Selain itu yang menjadi daya tarik disini adalah kera/monyet atau warga sekitar menyebutnya ketek dalam bahasa jawa. Ada hampir ratusan ekor monyet yang menghuni hutan lindung ini.

Jangan takut karena monyet disini semuanya jinak. Namun jika kita berbuat yang tidak senonoh mereka tidak segan untuk mengigit atau mencakar kita. Mungkin mereka tahu bahwasannya candi pangkuan ini harus di jaga karena dulunya adalah tempat suci.

Kita bisa berinteraksi secara langsung dengan monyet-monyet tersebut. Kita juga bisa memberi makan. Selain pisang sebagai makanan kesukaannya, monyet-monyet yang ada disini juga sering dikasih makan kacang, jagung dan jenis biji-bijian lainya.

Dari pada kalian semua penasaran mendingan cepetan buat list untuk bisa liburan kesini. Dan jangan lupa ajak temen-temen juga yang lain yah. [/rdl]

(Sumber foto: candipangkuan.blogspot.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s